Halaman

Senin, 24 Desember 2012

Refrigerant R-134a

Refrigerant merupakan fluida yang digunakan untuk mendinginkan lingkungan bersuhu rendah dan membuang panas ke lingkungan yang bersuhu tinggi.


CFC (Chloro-Fluoro-Carbon) alias R22 memegang peranan penting dalam sistem refrigerasi, sejak ditemukan pada tahun 1930. Hal ini dikarenakan CFC memiliki properti fisika dan termal yang baik sebagai refrigeran, stabil, tidak mudah terbakar, tidak beracun dan kompatibel terhadap sebagian besar bahan komponen dalam sistem refrigerasi. Akan tetapi setelah masyarakat mengetahui hipotesa bahwa CFC termasuk Ozone Depleting Substance (ODS), yaitu zat yang dapat menyebabkan kerusakan ozon, masyarakat mulai mencoba melakukan penghentian pemakaian ODS dan dituangkan ke dalam beberapa konvensi, seperti Vienna Convention pada bulan Maret 1985, Montreal Protocol pada bulan September 1987 dan beberapa amandemen lainnya. Pemerintah Indonesia telah meratifikasinya melalui Keppres RI No. 23 tahun 1992.
R134a sebagai salah satu alternatif memiliki beberapa properti yang baik, tidak beracun, tidak mudah terbakar dan relatif stabil. R-134a juga memiliki kelemahan di antaranya, tidak bisa dijadikan pengganti R-12 secara langsung tanpa melakukan modifikasi sistem refrigerasi (drop in subtitute), relatif mahal, dan masih memiliki potensi sebagai zat yang dapat menyebabkan efek pemanasan global karena memiliki Global Warming Potential (GWP) yang signifikan. Selain itu R-134a sangat bergantung kepada pelumas sintetik yang sering menyebabkan masalah dengan sifatnya yang higroskopis.



Jika dilihat dengan kasat mata sepertinya 2 fluida yang sangat berperan penting pada piranti pendingin ruangan ini tidak ada bedanya. Sejak digulirkan isu ramah lingkungan, refrigerant jenis R12 untuk mobil semakin dibatasi penggunaannya. Nah untuk penggantinya disediakan refrigerant jenis R134a yang lebih ramah lingkungan karena tidak merusak lapisan ozon.

Untuk membedakan kedua jenis refrigerant ini gampang-gampang susah, makanya banyak masyarakat yang tidak mengetahui kalau piranti ACnya menggunakan refrigerant R12, nah untuk membedakannya bisa melalui cara berikut:

Pertama bisa diterka dari namanya. refigerant R12 atau lebih dikenal dengan CFC (chlorofluorocarbon) memiliki nama resmi dichlorodifluoromethane sedangkan rumus kimianya CCI2F2. Beda dengan R134a atau Hidrofluorocarbon, memiliki nama resmi tetrafluoroethane dengan rumus kimia CF3CH2F.

Kedua, kita bisa melihat melihat warna tabung refrigerant saat melakukan penggantian refrigerant di bengkel. Tabung refrigerant R134a berwarna hijau muda sedangkan jenis R12 berwarna putih.

Ketiga, bisa menggunakan alat yang bernama SPX Robinair Refrigerant Identifier. Alat ini bisa secara langsung membedakan jenis refrigerant

Keempat, masyarakat dapat melihat dari harga refrigerant. Refrigerant R134a yang asli memiliki harga berkisar Rp. 250.000 an, sedangkan jika mendapati refrigerant dengan harga Rp. 90.000 an berarti produk oplosan.

Kelebihan Refrigeran R-134a:
  • Merupakan senyawa kimia utama yang stabil untuk membawa panas dan tidak mudah terbakar.
  • Memiliki karakteristik tidak berbau, tidak berwarna dan tidak bersifat korosif juga tidak beracun.
Pada freon R134a dibuat agar seminimal mungkin tidak menipiskan lapisan ozon.
R134a : Karakter Molekul R134a (HC2HCF3), diameter = 4,2Å jadi akan terlihat perbedaan karakter molekul R134a yang lebih kecil dibanding R12.
Sehingga spareparts yang digunakan juga akan mengalami penyesuaian bentuk, ukuran dan ciri-ciri yang dimiliki Freon R134a.

Kekurangan HFC – R-134a:
  • Menimbulkan Pemanasan Global
  • Beracun

7 komentar:

  1. Sebenarnya R134a beracun atau tidak. Kenapa di kelebihan tertulis tidak beracun tapi di kekurangan tertulis beracun.
    Apakah R134a bisa digunakan pada ac bukan mobil (kantor)?
    Apa R134a bisa menggantikan R22 scr langsung?
    Maaf saya awam ttg hal ini.
    Mohon pencerahannya. Tks

    BalasHapus
  2. salam kenal bg jef.
    bisa ndak minta tolong berbagi tentang property R-134a secara lengkap bng, butuh bngt.. untuk TA.
    mksh..
    by. Roni

    BalasHapus
  3. Boss.. mau ty tentang info tempat jual alat refrigerant identifier, lagi butuh terimakasih.

    BalasHapus
  4. BSA tidak r134a diganti dengan 507

    BalasHapus
  5. apa arti penomoran 134 A, freon 11, freon 12 ada yg bisa bantu?

    BalasHapus
  6. Apakah r134a bisa diganti dengan r32?, apa pengaruhnya dgn tekanan kerja dan ampere kompresor.terima kasih

    BalasHapus